Contoh laporan komunitas BAB I



BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Kesehatan adalah kebutuhan dasar yang merupakan modal utama untuk hidup, karena setiap manusia berhak untuk hidup dan memiliki kesehatan. Kenyataannya tidak semua orang memperoleh atau memiliki derajat kesehatan yang optimal, karena berbagai masalah secara global diantaranya adalah kesehatan lingkungan yang buruk, sosial ekonomi yang rendah yang menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan gizi, pemeliharaan kesehatan pendidikan dan kebutuhan lainnya. Oleh karena itu pelayanan kesehatan utama merupakan salah satu pendekatan dan alat untuk mencapai kesehatan bagi semua pada tahun 2010 sebagai tujuan pembangunan kesehatan dalam rangka mencapai derajad kesehatan yang optimal.
( Depkes RI, 1992 ).
Dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan yang optimal dan mampu mendorong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan. Berbagai upaya kesehatan telah diselenggarakan. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan yaitu melalui  Puskesmas dan Rumah Sakit sebagai rujukannya. Hal ini merupakan Sistem Pelayanan Kesehatan yang dikembangkan dalam Sistem Kesehatan Nasional dengan melibatkan peran serta masyarakat.
Upaya untuk mengoptimalkan kesehatan masyarakat yang memerlukan dukungan dan peran serta aktif masyarakat antara lain adalah : Pelayanan Kesehatan Dasar Puskesmas khususnya Kesehatan Ibu dan Anak, Perbaikan Gizi, Keluarga Berencana, Pemberantasan Penyakit Menular, Penyuluhan Kesehatan, Perawatan Kesehatan Masyarakat, Perawatan Usia Lanjut, dan sebagainya.
Oleh karena itu layanan kesehatan utama merupakan salah satu pendekatan dan alat untuk mencapai kesehatan bagi semua pada 2010 sebagai tujuan pembangunan kesehatan dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal yang telah dicanangkan oleh pemerintah pada pembukaan Rakernas Departemen Kesehatan RI pada tahun 1999.
Di Wilayah Jajar RT 03/RW VI Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta terdiri dari 125 KK dan yang terkaji sebanyak 90 KK, lebih rinci hasilnya adalah sebagai berikut jumlah penduduk 639 jiwa ( laki-laki 300 jiwa dan perempuan 339 jiwa ), kondisi lingkungan di RT 03 merupakan daerah pemukiman padat, perkampungan dengan kondisi jalan yang rata, saluran pembuangan yang cukup lancar, pembuangan sampah yang cukup, namun dapat memungkinkan terjadinya penyakit yang berbasis pada lingkungan seperti demam berdarah, diare, filariasis, TBC dan lain-lain.
Untuk melaksanakan tugas tersebut dibutuhkan seorang perawat yang kompeten dalam memberikan asuhan keperawatan komunitas, untuk mendapatkan hasil yang optimal dibutuhkan pengalaman selain pengetahuan. Salah satu cara memperoleh pengalaman adalah melalui Praktik Keperawatan Komunitas di Jajar RT 03/RW VI, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

B.     TUJUAN
1.      Tujuan Instruksional Umum
Membantu dan memfasilitasi masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal serta mampu mengenal dirinya sendiri tentang masalah kesehatan di Jajar RT 03/RW VI, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta


2.       Tujuan Instruksional Khusus
Tujuan yang ingin dicapai pada Praktik Keperawatan Komunitas di Jajar RT 03/RW VI, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta ini antara lain :
a.       Melakukan pengumpulan data komunitas yang berhubungan dengan kesehatan bersama masyarakat dengan menggunakan format Survey Kesehatan Masyarakat.
b.      Menggerakkan dan Membina Kelompok Kerja Kesehatan ( Pokjakes )
c.       Menganalisa data kesehatan yang didapatkan di masyarakat.
3.      Merumuskan Diagnosa Keperawatan / Masalah Kesehatan dengan  menyelenggarakan musyawarah Masyarakat ( MMD ).
4.      Melakukan tindakan keperawatan :
a.       Menggerakan masyarakat melakukan kegiatan yang telah direncanakan
b.      Mengubah perilaku kesehatan masyarakat
c.       Melakukan pengembangan dan pengorganisasian masyarakat
d.      Bersama-sama instansi terkait melakukan pembinaan Membina Kelompok Kerja Kesehatan ( Pokjakes )
e.       Melakukan koordinasi atau kerjasama dengan limtas program dan lintas sektoral.
5.      Melakukan evaluasi keperawatan.

C.  MANFAAT LAPORAN

  1. Masyarakat Jajar RT 03/RW VI
Memberikan gambaran demografi, jumlah populasi penduduk, kesehatan lingkungan perumahan, pendidikan, keselamatan dan permasalahan kesehatan yang ada serta pelayanan sosial yang ada / kegiatan sosial kemasyarakatan.
  1. Puskesmas
Memberikan gambaran tentang status kesehatan dan kegiatan-kegiatan kesehatan serta sosial kemasyarakatan yang ada di masyarakat Jajar RT 03/RW VI
  1. Mahasiswa
Menambah pengetahuan dan pengalaman secara langsung dalam memberikan asuhan keperawatan individu, keluarga, kelompok dan komunitas khususnya Jajar RT 03/RW VI Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

D.    RUANG LINGKUP
Ruang lingkup Praktik Keperawatan Komunitas ini berada di wilayah Jajar RT 03/RW VI Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

E.     TINDAK  LANJUT KEGIATAN
Setelah selesai program Praktik Keperawatan Komunitas di wilayah Jajar RT 03/RW VI Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Kota Surakarta diharapkan ada tindak lanjut dari kegiatan yang telah berjalan, pada kesempatan ini kelompok merekomendasikan kepada Pokjakes Sehat Sejahtera yang telah terbentuk dengan koordinasi dengan Puskesmas Purwosari  selaku Puskesmas yang membina wilayah di Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Kota Surakarta.

F.     SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan yang digunakan dalam penulisan Praktik Keperawatan Komunitas di wilayah Jajar RT 03/RW VI Kelurahan Jajar Kecamatan Laweyan Kota Surakarta sebagai berikut :
Bab I      : Pendahuluan terdiri dari latar belakang, tujuan praktik, manfaat laporan,  ruang lingkup, tindak lanjut kegiatan dan sistematika penulisan.
Bab II     : Tinjauan teori yang terdiri dari tinjauan tentang pelayanan kesehatan utama, konsep keperawatan komunitas, peran perawat komunitas, asuhan keperawatan komunitas, teori perubahan komunitas.
Bab III   : Aplikasi Asuhan Keperawatan Komunitas yang terdiri dari tahap persiapan, tahap pengkajian, perumusan diagnosa keperawatan komunitas, tahap perencanaan, tahap implementasi serta tahap evaluasi.
Bab IV   : Pembahasan berisi tentang hal-hal yang perlu dibahas mulai dari tahap persiapan, pengkajian, perumusan diagnosa keperawatan, implementasi dan tahap evaluasi dengan membandingkan dari teori yang ada.
Bab V     : Penutup yang berisi tentang simpulan dan saran


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Askep Hernia

Sekilas Tentang Point Blank Indonesia

My Card VGA XFX 5570 ddr3